Tuesday, 10 November 2015

Fungsi Kepemimpinan, Menentukan Tujuan, Mengkomunikasikan, Mengelola, Mengawasi, Mengevaluasi

Beberapa fungsi kepemimpinan penting yang harus diperhatikan adalah:


Menentukan Tujuan

Mengartikan atau mengidentifikasi tujuan dan sasaran organisasi atau kelompok. Ini kedengarannya sederhana, tetapi banyak situasinya yang tidak mudah. Tujuan memerlukan persetujuan dibanding ditentukan oleh individu.

Perencanaan
Memastikan adanya sebuah rencana yang disetujui untuk mencapai tujuan. Anda tahu bagaimana Anda bergerak dari posisi Anda sekarang dan kemana sasaran yang Anda tuju, dan bagaimana Anda akan tahu apakah Anda telah membuat kemajuan yang memuaskan dan tepat waktu.

Mengkomunikasikan
Menjelaskan tujuan dan rencana dengan terperinci. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu menjawab pertanyaan, ‘Mengapa kita melakukan dengan cara ini dibanding cara lain?’

Mengelola
Menerangkan, mendelegasikan, mendukung, mensupervisi, dan mengawasi semua hal yang berkaitan dengan tugas keija. Energi kelompok harus membuat segalanya terlaksana bukan untuk menghabiskannya tanpa hasil.

Mengawasi dan Mengevaluasi
Jika Anda tidak meninjau atau mengevaluasi kineija, Anda tidak akan memiliki bahan untuk memberikan masukan pada individu atau kelompok. Tujuan evaluasi adalah untuk bekeija lebih baik di masa depan. Ini mensyaratkan penggunaan pengukuran, kinerja, indikator, dan target. Ketika seorang mengatakan, ‘jika Anda tidak bisa mengukurnya, maka Anda tidak bisa mengelolanya.’ Ada beberapa fungsi, seperti penentuan dan mempertahankan standar kelompok atau norma yang akan menguatkan suatu kelompok. Standar kelompok adalah aturan dan konvensi yang tidak terlihat yang mengikat kelompok. Juga harus ada keseimbangan antara kepentingan kelompok dan kepentingan masing-masing individu. Terkadang seorang pemimpin harus menggunakan kekuasaan posisinya yang lebih besar untuk melindungi individu tertentu menghadapi tekanan yang berasal dari kelompok atau organisasi. Kelompok bisa menyerang anggotanya yang berbeda dengan kebijakan kelompok.
Hubungan Antar Tim
Kunci Sukses
Persyaratan Menjadi Seorang Pemimpin
Post a Comment