Sunday, 9 April 2017

Pengembangan Diri Dalam Membangun Pemasaran Jaringan

Kembangan Diri Anda

Banyak orang yang terlibat dalam pemasaran jaringan akan berkata, ‘Bahkan jika saya tidak pernah mendapatkan uang dari bisnis pemasaran jaringan, apa yang saya dapat dalam hal pengembangan diri saja sudah sepadan.’ Lingkungan pemasaran jaringan, terutama di dalam sistem pendukung, memberikan manfaat luar biasa bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Orang-orang yang membawa masalah pribadi (dalam bidang hubungan, kesehatan, harga diri, dan keyakinan) akan menemukan bahwa masalah ini kadang bisa menahan pertumbuhan mereka dan berefek merugikan terhadap kesuksesan bisnis yang berusaha mereka capai.

Bagi banyak orang, sukses tidak hanya berarti sukses dalam bisnis. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa sukses sejati datang dari pendekatan yang lebih holistik, meliputi segala aspek dalam hidup mereka.
Disini akan membahas beberapa topik yang membantu untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah atau beban yang bisa menahan dari mencapai sasaran membangun bisnis pemasaran jaringan yang sukses. Dengan mengatasi masalah ini, Anda juga berkesempatan untuk mencapai kesuskesan holistik.

Komponen rahasianya adalah motivasi


Industri pemasaran jaringan bisa menjadi lingkungan yang sangat memotivasi, tapi bagi para pemula dalam industri ini, pada awalnya tingkat motivasi tersebut bisa sedikit menakutkan. Kesalahan yang sering dibuat adalah menganggap tingkat motivasi yang tinggi itu hanya ada dalam pemasaran jaringan. Siapa pun yang pernah terlibat dalam dunia korporasi atau olahraga profesional akan setuju bahwa sistem motivasi yang kuat sangat penting bagi kesuksesan.

Sebagian besar perusahaan pemasaran jaringan dan sistem pendukung yang berhubungan dengannya akan meletakkan fokus besar pada alat-alat motivasional—CD, kaset, seminar, konferensi, dan rapat umum. Jaringan juga beroperasi di sekeliling program rekognisi dan penghargaan yang kuat. Orang yang tidak pernah berada dalam lingkungan seperti ini bisa merasa kewalahan dan kadang merasa tidak nyaman. Semua ini normal; pada saatnya Anda akan menyadari pentingnya motivasi dan memahami nilainya.

Kita semua butuh motivasi. Biasanya kita harusdimotivasi oleh sesuatu sebelum mulai bertindak. Untuk mengerjakan tugas sekecil apa pun, kita butuh motivasi; berdiri dari kursi untuk mengambil air minum di lemari es dipicu oleh motivasi menginginkan air dingin yang menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus. Yang lebih penting, semakin kita termotivasi kita akan bertindak semakin cepat. Bahkan ada motivasi negatif. Misalnya, jika seseorangditanya apakah mereka memilih bekerja atau diam di rumah hari ini, sebagian besar akan memilih untuk tinggal di rumah. Jika memang demikian, mengapa mereka akhirnya tetap pergi bekerja? Alasannya adalah karena motivasi negatif. Mereka termotivasi oleh hipotek, apa yang akan dikatakan bos, mempertahankan pekerjaan mereka,

Jaga penampilan untuk sukses


Bisnis pemasaran jaringan adalah sebuah bisnis, jadi pastikan untuk merepresentasikan bisnis Anda secara profesional dengan berpenampilan yang pantas. Ini tak berarti Anda harus buru-buru membeli baju karya perancang tcrbaik, tapi Anda harus tampak seperti layaknya seorang pemilik bisnis. Kita semua tahu pentingnya kcsan pertama; kesan pertama bisa membuat Anda sukses atau gagal, terutama dalam bisnis.

Bagi para pria jika Anda tidak memiliki setelan jas, kenakan saja celana panjang yang bagus, kemeja serta dasi, dan jika memungkinkan tambahkan jaket yang serasi. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pakaian, tapi itu akan membuat perbedaan besar terhadap bisnis dan perasaan Anda terhadap diri sendiri. Pastikan agar sepatu selalu bersih dan pakaian Anda bersih dan rapi. Perhatikan kebersihan diri, cukur bersih atau rapikan janggut, sisir rambut, dan pastikan agar napas Anda segar.

Bagi para wanita berpakaian yang pantas dan bersikap konservatif. Jika Anda sedang bcrbisnis, Anda ingin prospek memfokuskan perhatiannya pada produk yang Anda diskusikan, bukan pada diri Anda. Usahakan untuk menghindari rok pendek dan atasan yang terbuka; kenakan pakaian bisnis yang pantas—rok selutut atau celana panjang adalah yang terbaik dan tambahkan jaket yang serasi. Tampil terawat, tapi jangan berlebihan. Saat berbisnis bukanlah kontes mode, tapi merupakan kontes persepsi. Anda ingin memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang pebisnis profesional yang menunjukkan keyakinan dan kesuksesan. Selalu ingat bahwa persepsi adalah kenyataan.

Jika Anda adalah seorang profesional dengan pengalaman berbisnis, pentingnya pakaian bisnis yang baik.

Temukan keseimbangan yang sulit dicari itu


Saat ini, banyak orang yang merasa bahwa beban dari bisnis tradisional membuat mereka kewalahan. Utnuk membangun dan menjalankan bisnis sukses diperlukan banyak komitmen dan usaha, dan mudah sekali untuk jatuh ke dalam perangkap di mana bisnis mengendalikan hidup dan Anda memiliki sedikit waktu untuk melakukan hal-hal lainnya. Pemasaran jaringan juga memiliki orang-orang yang membiarkan diri mereka jatuh ke dalam perangkap ini. Bisnis pemasaran jaringan Anda adalah kesempatan yang menggembirakan dan bisa memberikan banyak manfaat bagi segi finansial maupun pribadi, tapi bisnis ini bukanlah satu-satunya hal dalam hidup Anda.

Saat membangun bisnis, pastikan untuk menemukan keseimbangan antara membangun bisnis dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, juga untuk menikmati aktivitas rekreasi. Dengan menghabiskan waktu di luar bisnis, Anda akan menemukan bahwa pada saat kembali bekerja, Anda bisa lebih fokus, produktif, dan bersemangat dalam menjalankan bisnis. Jangan membiasakan diri untuk terus-menerus terikat dengan bisnis.

Saat merencanakan jadwal, alokasikan waktu untuk kegiatan di luar bisnis dan pastikan untuk menggunakan waktu tersebut. Kegiatan tersebut tidak perlu terlalu banyak, tapi pada akhir tiap bulan, tanyakan pada diri apakah Anda telah melakukannya. Seringkali Anda terlalu sibuk berbisnis dan bisnis telah memakan seluruh waktu Anda. Sebelum Anda sadar, berbulan-bulan telah berlalu dan Anda tidak pernah menggunakan waktu untuk aspek penting lain dalam hidup. Keseimbangan adalah kuncinya. Ingat, Anda tidak perlu mengorbankan segalanya demi membangun bisnis. Anda hanya harus memberikan semaksimal mungkin kepada bisnis saat Anda scdang bekerja. Jika Anda ingin mendapatkan nasiliat praktis lainnya tentang cara menemukan atau menjaga keseimbangan antara bisnis dan kehidupan, buku 101 Ways to Have a Business anda Life (101 Strategi Jitu: Memiliki Bisnis dan Kehidupan) akan mendorong Anda ke arah yang tepat dan menyediakan 121 kiat untuk memcnangi perang keseimbangan ini.

Lebih tentang manusia daripada produk


Pada dasarnya, pemasaran jaringan adalah membangun suatu bisnis dengan orang lain yang menginginkan kesempatan untuk memperbaiki kondisi finansial dan mencapai impian serta sasaran mercka. Orang-orang bergabung dalam pemasaran jaringan karena mereka melihat bahwa membeli dan mempromosikan produk yang tersedia melalui jaringan adalah suatu cara untuk mencapai impian dan sasaran. Kebanyakan orang memilih untuk bergabung bukan karena produk, tapi karena kesempatan untuk mencapai impian. Setelah mereka memahami bahwa mereka bisa melakukannya hanya dengan membeli produk yang tersedia melalui jaringan dan menggunakannya sendiri atau menjualnya ke orang lain, volume distribusi produk pun akan meningkat.

Salah satu sasaran saat membangun bisnis seharusnya adalah untuk mengetahui apa impian dan sasaran milik orang-orang dalam tim dan membantu mereka mencapai impian dan sasaran tersebut. Anda melakukannya dengan mengajarkan mereka cara menemukan orang lain yang ingin berpartisipasi juga karena alasan yang sama kemudian membantu mereka menemukan lebih banyak orang lagi. Pada akhirnya Anda mengembangkan jaringan manusia yang lebih besar yang secara kolektif membeli produk dalam jumlah besar.

Kalimat ‘jika Anda membangunnya, mereka akan datang’, jika sedikit dimodifikasi, akan sangat tepat dalam menggambarkan pemasaran jaringan: ‘Jika Anda membangun manusia, penjualan produk akan datang.’ Selalu ingat, bisnis pemasaran jaringan Anda lebih tentang manusia daripada produk; jika Anda membangun manusianya, secara otomatis juga akan membangun volume produk.

Jadilah pemimpin yang Anda impikan


Elemen kunci dalam membangun bisnis pemasaran jaringan adalah kepemimpinan yang Anda tunjukkan kepada orang-orang dalam tim. Membangun bisnis pemasaran jaringan adalah membangun jaringan manusia, banyak di antaranya yang akan mencari kepemimpinan dari orang lain. Jika mungkin, kepemimpinan itu seharusnya datang dari Anda. Jika Anda tidak bisa memberikannya, tak masalah karena salah satu dari banyak manfaat dalam pemasaran jaringan adalah kepemimpinan bisa difasilitasi oleh seseorang yang berada di atas Anda dalam struktur organisasi.

Memberikan kepemimpinan adalah sesuatu yangalamiah bagi beberapa orang, sementara orang lain menganggapnya menakutkan. Jika Anda merasa kepemimpinan itu menakutkan, mungkin akan besar manfaatnya jika Anda berusaha mengatasi rasa gentar itu. Mengambil kepemimpinan dalam tim akan sangat bermanfaat dan memberikan rasa memiliki yang lebih kuat. Ini juga bisa berarti pertumbuhan dan hasil yang lebih cepat bagi bisnis. Ingat juga bahwa kepemimpinan itu diambil, bukan diberikan. Saat Anda mcmulai, kemungkinan besar ada seseorang di atas Anda yang memimpin organisasi dan akan terus memimpin sampai Anda mengambil kepemimpinan atas tim. Ini bukan berarti kudeta kepemimpinan, tapi transfer kepemimpinan secara alami dari orang itu ke Anda seiring dengan semakin besarnya rasa memiliki dan tanggung jawab Anda dalam transisi yang sama-sama menguntungkan.

Latihan yang menarik adalah dengan memikirkan bos Anda pada masa lalu yang sangat Anda sukai. Apa yang Anda kagumi dari orang itu dan gaya kepemimpinannya? Apa yang Anda rasakan saat bekerja dengannya dan apa yang memotivasi? Kemudian pikirkan bos yang tidak Anda sukai dan tanyakan pada diri apa yang benar-benar tidak anda sukai darinya.

Jangan hanya memerhatikan diri Sendiri


Dasar kesuksesan dalam pemasaran jaringan adalah prinsip bahwa suksesdalam mencapaisasaran dan impian baru bisadiraih jika Anda membantu orang-orang dalam tim mencapai sasaran dan impian mereka. Dengan pemikiran ini, cara tercepat untuk mendapatkan apa yang diinginkan adalah dengan mencari sebanyak mungkin orang yang juga memiliki sasaran dan impian, kemudian alihkan perhatian dari diri sendiri dan pindahkan ke orang-orang dalam tim Anda dan bantu mereka mencapai impian.

Contoh kasus yang bagus adalah Rick dan Rowena yang menderita kesulitan finansial berat pada saat mereka mengenal pemasaran jaringan. Mereka bisa melihat bahwa kesempatan ini mungkin adalah jawaban dari doa mereka, tapi untuk membawa diri keluar dari situasi saat itu, mereka harus membangun organisasi yangsangat besar dengan cepat. Setelah memahami dengan baikcara kerja bisnis ini, Rick dan Rowena mulai mencari dan menemukan setengah lusin pasangan lain yang memiliki sasaran jangka pendek yang kecil. Jika Rick dan Rowena bisa membantu keenam pasangan tersebut mencapai sasaran, mereka juga secara otomatis bisa mencapai sasaran. Dengan pemikiran ini, mereka mengalihkan perhatian dari diri mereka sendiri dan bekerja sama dengan para pasangan tersebut serta membantu masing-masing pasangan mencapai sasaran mereka dalam waktu singkat. Rick dan Rowena tidak saja merasa senang karena bisa membantu para pasangan itu, tapi juga membuat mereka bisa membangun organisasi besar dan hasilnya mereka bisa sepenuhnya membalikkan kondisi finansial mereka.

Waspadalah bahwa banyak orang yang pada awalnya sulit menerima konsep ‘membantu orang lain’ karena sayangnya dalam dunia ini terdapat banyak kasus orang-orang yang memanfaatkan dan bukan membantu Anda. Pada masa-masa awal bisnis, mungkin Anda kesulitan memabami mengapa seseorang siap menggunakan begitu banyak waktu dan usaha dan dalam banyak kasus juga uang, dcmi membantu Anda untuk sukses. Banyak orang yang pada awalnya curiga dan menunggu munculnya ‘masalah yang tersembunyi’; sebagian orang sulit memahami konsep situasi saling menguntungkan di mana Anda membantu mereka untuk sukses dan pada akhirnya akan membantu membuat Anda sukses juga.

Pemasaran jaringan adalah sebuah konsep luar biasa dalam falsafah ‘alihkan pcrhatian dari diri Anda dan bantu orang lain’. Orang-orangyang memasuki industri ini tanpa falsafah tersebut dan mereka yang mencoba memanfaatkan orang lain untuk mencapai hasil yang diinginkan tidak akan bertahan lama dalam bisnis ini. Sistem akan menyaring mereka dengan cepat.

Memimpin dengan memberi contoh

Cara terbaik untuk membangun bisnis dengan cepat adalah memimpin dengan memberi contoh. Jangan masuk ke perangkap mempromosikan betapa bagus kesempatan ini atau betapa bagus produknya jika Anda scndiri tidak sedang aktif menjalankan bisnis atau tidak menggunakan produk. Jika perusahaan pemasaran jaringan afiliasi Anda atau sistem pendukung di dalamnya menyediakan alat-alat pembangun bisnis seperti buku, CD, atau seminar yang bisa membantu mengembangkan bisnis, jangan promosikan alat-alat tersebut jika Anda sendiri tidak siap melakukan apa yang Anda katakan.

Orang-orang dalam tim terutama para pendatang baru memandang Anda sebagai panutan, jadi pastikan agar Anda menjadi panutan yang baik. Jika perusahaan pemasaran jaringan menyediakan promosi atau insentif, pastikan bahwa Anda memimpin di depan sehingga mereka bisa mengikuti Anda. Jika organisasi Anda memiliki program rekognisi, pastikan agar tim melihat Anda mendapatkan rekognisi dan terus bcrkcmbang. Memimpin dengan memberi contoh memberikan pesan bahwa Anda serius, juga menanamkan keyakinan dalam tim bahwa bisnis ini bisa berhasil. Tim akan terinspirasi dan ini akan menyebabkan pertumbuhan pesat. Orang-orang suka menjadi bagian dari tim pemenang.

Jangan harap orang lain melakukan apa yang tidak siap Anda lakukan


Saat Anda menjadi pelatih atau mengajarkan orang-orang dalam tim Anda tentang berbagai aspek dalam membangun bisnis pemasaran jaringan, pastikan agar Anda tidak menyuruh mereka melakukan sesuatu yang Anda sendiri tiap siap lakukan. Mudah sekali masuk ke dalam perangkap ini karena memang lebih mudah menyuruh orang lain melakukan sesuatu dibanding Anda melakukannya sendiri, tapi tindakan seperti ini bisa berbahaya. Sebagai contoh, jangan menasihati atau mengharapkan orang lain untuk mencari prospek baru, menunjukkan kesempatan bisnis kepada orang lain, atau menjual produk, karena alasan apa pun, Anda sendiri tidak mau melakukannya.

Cara mengajar yang terbaik adalah dengan memberi contoh. Orang-orang akan belajar jauh lebih banyak dari contoh yang ditunjukkan daripada teori apa pun. Walaupun nasihat itu penting, tapi menasihati seseorang tentang cara melakukan sesuatu tidak akan pernah bisa bersaing jika Anda langsung menunjukkan cara mengerjakannya. Selain itu, ada juga bahaya kehilangan sentuhan terhadap hal-hal yang benar-benar harus dikerjakan karena sudah terlalu lama tidak mengerjakannya sendiri yang seringkali mengakibatkan Anda memberikan nasihat yang salah.

Jika seseorang meminta nasihat kepada Anda tentang aspek tertentu dalam membangun bisnis yang Anda sendiri kesulitan menghadapinya, arahkan mereka ke seseorang yang lebih memahami aspek tersebut. Yang lebih penting, jangan mempromosikan ke orang lain hal-hal yang diperlukan untuk membangun bisnis pemasaran jaringan yang sukses jika Anda sendiri tidak siap untuk melakukannya sendiri.

Bersenang-senanglah
Saat mengembangkan tim dan tim Anda itu mulai berkembang, Anda bisa dengan mudah menjadi terlalu sibuk dan fokus sehingga lupa untuk berhenti dan menikmatinya, memperhatikan sekeliling Anda, dan bcrsenang-scnang. Sclain itu, orang-orang di sekeliling Anda, dalam tim maupun dalam keluarga akan segera merasa lelah karena terus-menerus berada dalam lingkungan yang kaku dan serius. Orang-orang suka menikmati waktu dan bersenang-senang. Pemasaran jaringan adalah lingkungan yang sangat positif dan menyenangkan. Beristirahat sejenak dan bersenang-senang sangat cocok dengannya.

Sebagai bagian dari membangun bisnis, rencanakan acara kumpul-kumpul sosial bersama tim secara rutin. Lakukan sesuatu yang tidak biasa, seperti pesta kostum atau malam kuis. Rencanakan pesta barbekyu dengan anggota tim dan keluarga mereka, pesta makan malam, tamasya di akhir pekan, karaoke, dan sebagainya. Pastikan saja bahwa Anda secara rutin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan melibatkan tim.

Ide lain adalah sekali-sekali mengadakan promosi khusus dalam tim, menentukan aktivitas atau sasaran prestasi tertentu dan orang-orang yang memenuhi syarat bisa menghadiri acara khusus yang Anda buat. Acara ini bisa mencakup kesempatan bincang-bincang dengan leader yang dihormati dalam up-line Anda yang telah memberikan waktu mereka untuk mendukung Anda.

Contoh kasus yang menyoroti manfaat dari mengadakan acara seperti itu adalah jim dan Jacqui. Keduanya memasuki pemasaran jaringan setelah menjalani karier panjang dalam dunia korporat yang keras dan kaku. Dahulu mereka tidak punya waktu untuk bersenang-senang dan mereka menjalani hidup yang sangat cepat.

Sayangnya mereka juga membawa kebiasaan kerja yang lama ini ke dalam bisnis pemasaran jaringan mereka. Walaupun mereka sukses dalam mengembangkan tim yang lumayan besar, tapi tidak lama kemudian tim mereka mulai merasa lelah dan tidak bersemangat akibat lingkungan yang ‘selalu kerja tanpa main’. Setelah melihat masalah ini, pelatih up-line mereka menyarankan suatu promosi untuk para anggota tim. Semua orang yang memenuhi syarat bisa menghadiri ‘tamasya keluarga akhir pekan’. Pada acara itu, mereka tidak akan mendiskusikan bisnis sama sekali dan akan diadakan berbagai aktivitas menyenangkan bersama orang-orang yang sepemikiran. Acara itu juga termasuk kesempatan untuk menghabiskan waktu bersosialisasi dengan seorang leader yang dihormati bersama keluarganya.

Hasil dari promosi itu sangat menakjubkan: Jim dan Jacqui mengalami pertumbuhan volume bisnis yang besar dan melihat tim mereka kembali bersemangat. Sejak saat itu, Jim dan Jacqui telah berkali-kali mengadakan promosi sejenis dan acara-acara menyenangkan lainnya secara teratur. Mereka berdua setuju bahwa ini merupakan elemen yang sangat penting bagi berlanjutnya kesuksesan mereka.

Moral dari kiat ini sangat sederhana, bersenang-senang itu baik bagi bisnis. Kita menikmati berbisnis dengan orang-orang yang kita sukai dan hampir semua orang suka bersenang-senang! Jadi, masukkan sebanyak mungkin unsur senang-senang ke dalam hidup sehari-hari dan jangan pernah membuat kesalahan dengan berpikir bahwa bersenang-senang itu tidak profesional.

Orang-orang tidak menginginkan ‘pekerjaan’

Salah satu hal yang membuat orang-orang tertarik dengan pemasaran jaringan adalah prospek memiliki bisnis milik mereka sendiri, tidak lagi memiliki bos yang memerintahkan mereka melakukan berbagai hal. Saat membangun tim, selalu ingat bahwa tim Anda itu terdiri dari para individu pemilik bisnis dan hal terakhir yang mereka inginkan dari Anda sebagai pemimpin mereka adalah diperintahkan mengerjakan berbagai hal. Mereka bergabung dengan Anda karena ingin lepas dari sebuah ‘pekerjaan’ dan ingin merasa memiliki bisnis sendiri serta menjadi bagian dari tim. Jadi, Anda harus berhati-hati agar tidak masuk ke perangkap dan memperlakukan mereka sebagai bawahan schingga mereka memandang Anda sebagai bos yang lain lagi.

Peran Anda adalah memimpin dan memberikan kcpercayaan kepada para anggota tim, bukan untuk memerintah mereka. Anda harus mcmastikan bahwa mereka memiliki rasa terlibat dalam tim bahwa mereka menjaga rasa memiliki bisnis mereka sendiri. Menjadi mentor atau pelatih dalam tim bcrbcda dengan memerintah mereka. Sebagai mentor dan pelatih, Anda memberikan nasihat kepada mereka dan membiarkan mereka membuat keputusan akhir tentang apa yang seharusnya mereka lakukan.

Post a Comment