Etiket dan Grooming, Visi Misi dan Tata Nilai BCA, Solusi produk simpanan pada BCA
Catatan Anak Magang Bakti BCA
PEMBUKAAN MAGANG BAKTI
# Etiket dan Grooming
Etiket
- Tata cara (aturan) / tata krama (Sopan santun dalam berbicara maupun bertingkah.
- Sikap yang dicerminkan saat berjalan, berbiara, duduk, berdiri, gerak-gerik
Manfaat :
- Meningkatkan efisiensi kerja
- Menjalankan hubungan yang baik
- Menimbulkan rasa saling hormat
- Citra diri/perusahaan yang baik
Kunci Sukses diri
1. Self confidence (percaya diri)
2. Self Control (pengendalian emosi)
3. Positif thingking
4. Body language
5. First Impression
- Grooming
* Penampilan seseorang. Bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang, sarana individu atar seseorang individu dengan lainnya.
Faktro grooming :
- Kebersihan
- Kesehatan
- Tata Busana
- Tata Rias/Tata Rambut
#Visi Misi dan Tata Nilai BCA
Visi
- Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
- Terbaik dari banyak pilihan -> Dipercaya,
Diandalkan
- BCA sebagai intermediasi ; tabungan - kredit
- BCA sebagai Payment settlement Agency
- Misi
* Membangun Institusi yang unggul dibanding penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
Mulai dari imajinasi dan tiada akhir - multi dimensi organisasi - lebih baik dari yang lain.
Dari Tingkat individu, rumah tangga sampai dengan perusahaan fokus aspek edukasi dan rekomendasi, nasabah bisnis/perseorangan.
2. Memahami beraga kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
- Dengan empati, eksplorasi kebutuhan rill dan fokus
- Budaya layanan
- Kepuasan optimal
3. Meningkatkan nilai francis dan nilai stakeholder BCA
- Totalitas corporaste values
- Manfaat bagi pemangku kepentingan
# Tata Nilai BCA
1 Fokus Pada Nasabah (Customer Fokus)
- Lambang : Kepala Pesawat - menunjukan perhatian/kepedulian yang diikuti dengan usaha memberikan layanan untuk memenuhi harapan dan atau kebutuhan nasabah secara spesifik
Contoh :
- Menyebutkan nama nasabah 3 x
- tidak mengobrol dengan teman
2. Integritas (Integrity)
Lambang : Tubuh Pesawat menunjukan Sikap Teguh dalam menjunjung tinggi kejujuran dan keterbukaan, yang diikuti tindakan konsisten dan konsekuen pada peran / tugas dalam berbagai situasi dan kondisi untuk membangun kepercayaan nasabah.
Contoh : menjaga kerahasiaan data nasabah
3. Kerjasama Tim (Team Work)
- Lambang : Sayap Pesawat
Ineraksi dan sinergi yang didasari atas pemahaman diri sendiri dan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi
Contoh :
Aktif berafing, rolepay, sharing knowledge.
4. Berusaha mencapai yang terbaik
- Lambang : Daya Dorong
Usaha berkelanjutan untuk mencapa yang terbaik guna memberikan nilai tambah bagi nasabah.
Contoh :
Inisiatif memperkaya pengetahuan produk tanpa diingatkan atasan.
Note : Visi dan misi dapat diwujudkan apabila intensitas hubungan dengan nasabah (baik internal / eksternal) senantiasa ditingkatkan.
- Tata nilai BCA merupakan pedoman modal dan landasan yang membimbing setiap perilaku dan tindakan kita.
- Kepuasan Nasabah harus menjadi pusat dari kegiatan BCA.
Unit Kerja / Karyawan
- Kebutuhan
- Memenangkan hati
- Menciptakan kepuasan
* Hal paling penting menjalani visi misi :
a. Team Engagement
Bersungguh-sungguh memberikan kontribusi terbaiknya karena mempunyai rasa memiliki dan keterikatan dengan perusahaan tempat kerjanya.
* Menjalin kesinambungan hubungan dengan nasabah
Menuntut kualitas
* Layanan yang prima
Efisiensi dan kerjasama (kantor pusat, cabang dan lain-lain)
* Berupaya melakukan enchoced relationship bersama nasabah.
Fokus pada nasabah
* Keputusan yang diambil harus dilihat dari sisi kebutuhan nasabah.
Menciptakan kepuasan nasabah.
* Berkomitment terhadap pekerjaannya
Team Engogement.
Pembekalan CSO Bakti Se 1
Rahasia Bank
- Berhubungan dengan nasabah penyimpan dan simpanan
- Bertujuan untuk melindungi data nasabah.
Cakupan Rahasia Bank
- Keterangan Data
- Rahasia Bank
* Simpanan
* Nasabah Penyimpan
Bank bertumpu pada unsur kepercayaan masyarakat.
Bank harus merahasiakan
* Nasabah Penyimpan
* Simpanan Nasabah
* Data Nasabah Penyimpan
Nasabah -> Pihak yang menggunakan jasa bank
Nasabah Penyimpan -> menempatkan dana bentuk simpan
Simpanan -> Dana yang di percayakan keapda Bank
Contoh Rahasia :
1. Data Pribadi
2. Data Rekening
Penerapan Rahasia Bank
- Jangan memberikan informasi tentang data/transaksaksi nasabah kecuali pemilik rekening.
1. Saat cetak buku, cukup perhatikan saldo terakhir.
2. Jangan melihat data nasabah jika tidak perlu.
3. Memberikan info dengan suara lantang (terdengar orang)
4. Mengomentari info transaksi :"Selamat dapat kiriman"
Rahasia Bank Dimungkinkan dibuka. Jika :
1. Pembinaan/pengawasan Bank Indonesia (BI)
2. Kepentingan Perpajakan. (Memerlukan izin dari pimpinan BI)
3. Penyelesaian Piutang Bank
4. Kepentingan Peradilan, perkara pidana. (Memerlukan izin dari Pimpinan BI)
5. Kepentingan perkara pidata antar bank dan nasabahnya. Memerlukan izin dari Pimpinan BI).
6. Tukar menunkar info antar bank (salah transfer)
7. Kuasa dari nasabah penyimpan secara tertulis
8. Ahli waris sah (jika nasabah meninggal).
Remember
Apabila sudah diberitahu, namun ada permintaan cs/teller wajib menyerahkan kekabag.
Sanksi Pelanggaran
*) Pasal 47 Ayat 2
Pidana sekurang-kurangnya 2 tahun, paling lama 4tahun. Denda Sekurang-kurangnya 4M, paling banyak 8 M.
*) Pasal 1 Ayat 28 UU No. 10/1998
Mengatur Rahasia Bank
Pihak Yang Wajib Menjaga
* Semua pihak yang terlibat dalam operasional perbankan, komisaris, pejabat, karyawan, pihak-pihak terafiliasi.
# Pendahuluan
>> Bank -> Bahasa Italia ->Banque / Banca -> Bangku
* Para bankir Florance pada masa renaissons melakukan transaksi dengan duduk dibelakang meja uang sehingga bank dikenal sebagai meja tempat penukaran uang.
* Dalam perkembangannya, bank dikenal dengan kegiatan simpanan/tempat penitipan uang.
# Menurut Hukum
>> UU No. 10/1998 pasal 1 tentang perbankan Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk kredit dan / atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.
>> Kegiatan menghimpun dana biasanya diberikan balas jasa seperti bunga dan hadiah.
# Simpanan
>> Dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada Bank berdasarkan perjanjian penyimpanan dana dalam bentuk tabungan, giro, deposito, sertifikat depo dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan.
Solusi produk simpanan pada BCA
a) Produk Tabungan
b) Produk Giro
c) Produk Deposito
A. Produk Tabungan
>> Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan/atau alat lainnya yang dipersamakan. Umumnya bank anak memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang kita lakukan dan kartu ATM lengkap dengan PIN
Produk Tabungan BCA :
- Tahapan
- Tahapan Xpresi
- Tahapan Gold
- Tabunganku
- Tapres
- BCA Dollar
- Tahaka
- Tahaka Simuda
- Simpel
- Laku
Tahapan
>> Tabungan yang paling banyak digunakan.
Nasaba Tahapan.
Orang-orang yang memerlukan tabungan pribadi dengan fasilitas yang optimal, yaitu :
a. Perorangan WNI dewasa/Belum dewasa yang diwakili/tidak.
b. Perorangan WNA dewasa/Belum dewasa yang dilakili/tidak.
c. Join Account atau/dan
Keuntungan Nasabah
1) Tarik tunai
2) Cashiess
3) Kemudahan pembayaran
4) Kemudahan Transfer
5) Keamanan terjamin
6) SMS/Email
7) Koneksi Jaringan
8) Praktis
Kartu Paspor BCA
1. Debit Mastercard
- Bertransaksi di ATM dan EDE berlogo debit BCA
- Tarik tunai dan belanja diluar negeri yang terkoneksi
2. Paspor GPN (Gerbang Pembayaran Nasional_
- Dapat dioperasikan diberbagai mesin Indonesia
- Dapat digunakan di EDC Logo Debit BCA ataupun GPN seluruh Indonesia
* Keuntungan (BANK)
1) Pengedapan dana untuk saluran kredit
2) Memperoleh pendapatan dari :
a. Biaya adm bulanan
b. Biaya pembuatan kartu paspor BCA
c. Biaya penutupan rekening.
Perhitungan bunga
Saldo rata-rata harian x % bunga x jumlah hari bunga dibagi Jumlah hari dalam Tahun yang bersangkutan
Biaya :
* Setoran Awal = Rp. 500.000
* Setoran Minimum = Rp. 50.000
* Saldo di tahan = 50.000
* Saldo rata-rata = 100.000
Penutupan otomatis jika :
- Saldo minimum 0 selama 12 bulan berturut-turut.