Teknologi Informasi untuk mendukung proses bisnis

Sebagian besar perusahaan kecil dan besar menganggap penting untuk menggunakan Teknologi Informasi untuk mendukung proses bisnis. Teknologi Informasi bukanlah hal baru dalam dunia bisnis, karena Teknologi Informasi telah menjadi penunjang dalam proses bisnis perusahaan dalam beberapa dekade terakhir. Jika pada awalnya teknologi informasi hanya digunakan untuk proses perhitungan, dengan perkembangan teknologi dan tekanan untuk meningkatkan proses bisnis perusahaan, kini digunakan untuk mendukung berbagai proses bisnis. 

Kebutuhan akan informasi merupakan salah satu faktor dalam penggunaan Teknologi Informasi, karena dengan bantuan Teknologi Informasi kita dapat menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan selalu tersedia saat dibutuhkan. Saat ini informasi menjadi dasar dan pendukung dalam pengambilan keputusan, karena penggunaan Teknologi Informasi  saat ini tidak hanya sebagai alat bantu dalam proses perhitungan saja, tetapi penggunaan teknologi informasi sudah mencapai tingkat yang sangat tinggi yaitu sebagai alat pendukung  keputusan. 

Dalam pembuatan  Teknologi Informasi memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Tantangan bisnis  saat ini termasuk meningkatkan operasi bisnis, meningkatkan pengembalian investasi, meminimalkan biaya dan waktu ke pasar dan meminimalkan risiko dalam dunia bisnis yang selalu berubah. Teknologi Informasi juga menghadapi tantangan, yaitu mengintegrasikan bisnis dan Teknologi Informasi, meminimalkan biaya dan kompleksitas, mengoptimalkan sumber daya dan biaya, serta memastikan  lingkungan Teknologi Informasi yang stabil dan fleksibel. Jika tantangan bidang Teknologi Informasi dapat dipenuhi dengan baik, maka tujuan perusahaan dapat tercapai.

Jaringan bisnis, konektivitas dan tren 

Perangkat jaringan adalah  komputer, periferal, kartu antarmuka, dan periferal yang terhubung ke  sistem jaringan komputer untuk transmisi data. Perangkat jaringan memungkinkan pengumpulan, pemrosesan, berbagi, dan pengoperasian data dengan cepat. Banyak fitur baru  perangkat nirkabel membuat kolaborasi menjadi lebih mudah dan lebih produktif. Mengingat perkembangan dan evolusi perangkat jaringan  yang bergerak menuju lingkungan bisnis yang lebih terintegrasi dan terhubung. 

• Apple memasuki pasar ponsel Cina dengan jaringan kuat China Mobile berdasarkan 760 juta pelanggan dan  jaringan 4G terbesar di dunia. Jaringan 

G untuk iPhone 5S dengan memori 16 GB harganya sekitar $867. Namun harga yang tinggi membuat produk tersebut  lebih cocok untuk pengguna bisnis. Hal itu tercermin dari pangsa pasar iPhone yang hanya 3,5 persen, sementara kompetitornya Samsung menguasai 18 persen  pasar penjualan. 

• Jejaring sosial adalah  situs web dengan konten sosial, di mana situs web menyediakan tempat untuk berinteraksi satu sama lain di dunia maya. Banyak contoh  jejaring sosial adalah Facebook, Friendster, Myspace, Flickr dan Twitter. Dengan bantuan jejaring sosial, informasi dapat didistribusikan ke khalayak luas dengan sangat cepat. 

• Pemosisian GPS dan teknologi nirkabel jarak pendek seperti Bluetooth dan Wi-Fi memberikan kecerdasan yang belum pernah ada sebelumnya. Sistem transportasi cerdas yang dikembangkan oleh produsen mobil memungkinkan mobil mengirimkan peringatan tentang pengereman mendadak. Jika terjadi tabrakan, sistem otomatis mobil dapat menghubungi layanan darurat. Teknologi ini juga dapat mengerem secara otomatis jika mendeteksi dua mobil  terlalu dekat satu sama lain.

Teknologi berbasis IP jaringan (singkatnya disebut  jaringan IP) membentuk fondasi yang memandu integrasi suara, data video, dan gelombang radio dengan mendigitalkan konten seperti paket. Paket dapat dikirim melalui jaringan digital. Konvergensi ini terjadi di seluruh dunia dan mengubah cara  orang, perangkat, dan aplikasi berinteraksi. Seperti yang ditunjukkan pada Tabel kinerja jaringan yang lebih baik dalam hal kapasitas transmisi data menawarkan peluang besar untuk perdagangan seluler, kolaborasi, manajemen rantai pasokan, telecommuting, dan peningkatan produktivitas lainnya.

Standar Jaringan

Generasi

Transfer Data (Kapasitas)

Digunakan oleh

Upgrade

GSM (Global System for Mobile Communications)

2G

9,6 Kbps

Cingular, T-Mobile, operator besar di Eropa

Upgrade termasuk GPRS, UMTS, HSDPA

CDMA (Code Division Multiple Access )

2.5G

307 Kbps

Verizon, Sprint

Upgrade termasuk 1xRTT, EV-DO, EV-DV

EDGE (Enchaced Data for Global Evolution)

3G

474 Kbps

Cingular, T-Mobile

 

EV-DO (Evolution Data Only)

3G

2.4 Mbps

Verizon, Sprint

Upgrade ketiga untuk CDMA

EV-DV (Evolution Data And Voice)

3G

3.1 Mbps

Bukan di AS

Upgrade terbaru CDMA

HSDPA (High Speed Data Packet Access)

4G

10 Mbps (kenyataannya6-7 Mbps)

Cingular

Upgrade terbaru GSM

 

 

 

 

Fitur Dan Keuntungan

WiBro (Wireless Broadband)

4G

50 Mbps

Menyediakan fungsionalitas tinggi. Jaringan 4G akan mengintegrasikan jaringan kabel dan nirkabel untuk mengaktifkan secaramulus apapun layanan, di mana saja. Dikembangkan dan diluncurkan di Korea Selatan.

WiMax (IEEE 802.16 e) (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

4G

70 Mbps

Memungkinkan pengiriman akses broadband nirkabel mil terakhir (dari jaringan ke pengguna), sebagai alternatif kabel dan DSL. Teknologi ini memiliki keunggulan teknis dalam persaingan.

UMTS LTE ( Long-Term Evolution)

4G

277 Mbps

Standar ini dikembangkan oleh Proyek Kemitraan Generasi Ketiga (3GPP), badan standar yang sama sudah bertanggung jawab untuk GSM, GPRS, UMTS, dan standar HSDPA.


Manajemen jaringan dan teknologi kolaborasi 

 Jaringan komputer adalah sistem sirkulasi data, sistem komunikasi atau  kolaborasi. Jaringan menyediakan kemampuan untuk berkomunikasi dan mengirim/menerima informasi dari beberapa perangkat yang digunakan untuk mengelola bisnis. Komunikasi yang efektif adalah kunci sukses dalam segala hal mulai dari kemitraan bisnis hingga hubungan pribadi dan profesional. Sebagian besar komunikasi profesional sangat bergantung pada teknologi - ponsel, email, dan pesan teks. 

 Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam segala hal mulai dari kemitraan bisnis hingga hubungan pribadi dan profesional. Saat jaringan mati atau akses diblokir, kinerjanya juga menurun, dengan beberapa pengecualian. Bayangkan  krisis jaringan di mana Anda tidak dapat mengakses Internet, email, pesan suara, perangkat lunak, dan file data. Di sebagian besar perusahaan, karyawan  tidak dapat melakukan apa pun secara offline. Penurunan nilai terjadi ketika bisnis tidak dapat beroperasi atau memenuhi pesanan, termasuk penurunan penjualan dan produktivitas, konsekuensi finansial dari pengiriman dan penerimaan pembayaran, dan ketidakmampuan untuk memproses penggajian dan inventaris. 

Kelas Aplikasi Online. Internet mendukung kategori aplikasi  berikut: 

1. Pencarian atau Pencarian. Penemuan melibatkan penjelajahan, pencarian, dan pengambilan informasi. Ini mungkin termasuk menanyakan, memuat, dan memproses data dari database. Agen perangkat lunak  yang dapat mengikuti sejumlah besar data di Internet dan intranet dapat mengotomatiskan pencarian. 

2. Komunikasi. Kemajuan dalam komunikasi  internet dan nirkabel seperti podcasting, RSS, dan microblogging mengubah komunikasi bisnis, saluran pemasaran, dan manajemen rantai pasokan. 

3. Kerjasama. Kolaborasi online antara individu, kelompok, dan organisasi adalah hal biasa. Ada banyak alat dan teknologi yang tersedia, mulai dari konferensi web hingga berbagi layar hingga mendukung sistem  dan tim konferensi video. Perangkat lunak kolaborasi, yang disebut paket atau alur kerja, dapat digunakan di Internet dan jaringan lain. 

Infrastruktur komputasi jaringan. Intranet adalah jaringan yang melayani kebutuhan informasi internal perusahaan dengan menggunakan perangkat internet. Extranet adalah jaringan milik pribadi yang menggunakan teknologi IP untuk berbagi  informasi atau aktivitas bisnis tertentu secara aman  dengan pemasok, vendor, mitra, pelanggan, atau perusahaan lain. Ekstranet dapat menggunakan jaringan pribadi virtual  (VPN). VPN dibuat menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras khusus  untuk mengenkripsi/mengirim/mendekripsi transmisi di Internet. 

intranet. Jaringan intranet dibuat menggunakan perangkat Internet untuk melayani kebutuhan informasi internal perusahaan. Ini menawarkan fungsi penelusuran dan pencarian sederhana. Seperti dalam kebanyakan kasus, intranet memiliki kekuatan untuk mengubah struktur, budaya, dan prosedur organisasi. Intranet dapat diimplementasikan  menggunakan berbagai  teknologi LAN, termasuk LAN nirkabel. 

ekstranet. Extranet adalah jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan yang menggunakan teknologi IP untuk berbagi  informasi bisnis atau operasional tertentu secara aman dengan pemasok, vendor, mitra, pelanggan, atau perusahaan lain. Ekstranet dapat menggunakan jaringan pribadi virtual  (VPN). VPN dibuat menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras khusus  untuk mengenkripsi dan mendekripsi transmisi, VPN menciptakan kesan jaringan terenkripsi pribadi di Internet. 

Portal Informasi adalah  gerbang berbasis web ke file, data, dan informasi melalui web. Portal dapat menyertakan papan diskusi, berbagi dokumen, dan ruang kerja. Pengguna dapat mengunggah presentasi atau dokumen untuk dibagikan dengan rekan kerja. 

1. Portal perusahaan adalah pintu gerbang ke situs web perusahaan yang memungkinkan komunikasi, kolaborasi, dan akses ke informasi perusahaan. Portal perusahaan adalah jalur akses berbasis browser web untuk informasi bisnis penting yang terletak di dalam dan di luar organisasi. Perusahaan menggunakan portal untuk mendukung inisiatif bisnis strategis dan menggunakannya sebagai alat taktis untuk mengelola aplikasi perusahaan. 

2. Portal bisnis seperti About (about.com),  Google Web Directory (google.com/dirhp), dan Yahoo! dir.yahoo.com) adalah jalur menuju informasi umum di Internet. 

3. Penerbitan portal ditujukan untuk orang-orang dengan minat tertentu. Portal ini melibatkan penyesuaian konten yang relatif sedikit, tetapi menawarkan pencarian web ekstensif di area tertentu dan beberapa fitur interaktif. 

4. Portal vertikal, juga disebut Vortal, menargetkan pasar tertentu. Jajak pendapat umumnya menyediakan berita industri, kalender acara, tautan ke situs web terkait, serta daftar vendor dan perusahaan yang menyediakan layanan produk.

Wireless, Enterprise Mobility, dan IP Telephony 

 Perusahaan bergerak menjauh dari penyebaran perangkat seluler yang serampangan dan infrastruktur strategis yang dibangun di luar operasi seluler. Teknologi yang membentuk infrastruktur seluler terus berkembang, sulit untuk mengidentifikasi teknologi strategis dan menghindari investasi. Tetapi biaya dan tekanan persaingan terus meningkat. Faktor-faktor yang mendorong mobilitas adalah: 

1. Teknologi nirkabel terbaru dan standar. 

2. Jaringan nirkabel berkecepatan tinggi. 

3. Ponsel dengan multitasking. 

4. Aplikasi seluler dan sistem operasi yang lebih efisien. 

Infrastruktur seluler terdiri dari integrasi teknologi, perangkat lunak, dukungan tindakan keamanan informasi, dan alat keamanan informasi untuk mengelola dan mengirimkan komunikasi nirkabel. Wi-Fi adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk berbagi jaringan atau koneksi Internet nirkabel tanpa terhubung ke jaringan komersial. Jaringan Wi-Fi adalah tambalan data berskala kecil dan besar yang menggunakan sebagian spektrum radio atau dapat mencakup area yang lebih luas, seperti jaringan Wi-Fi kota. Jaringannya tidak tersebar luas di dalam kota, karena membutuhkan biaya yang sangat besar. 

Search engine 

Search engine adalah program komputer yang dirancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file yang tersimpan di komputer, seperti server web publik di Internet (www) atau komputer Anda sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta media yang memenuhi kriteria tertentu (biasanya berisi frasa atau kata yang diinginkan) dan mengambil daftar file yang sesuai dengan kriteria tersebut. Biasanya, mesin pencari menggunakan direktori (yang dibuat sebelumnya dan diperbarui secara berkala) untuk menemukan file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari halaman WWW, mesin pencari dapat dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu: 

1. Mesin Pencari Terorganisir Manusia 

Mesin pencari yang dioperasikan sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode untuk memilih dan mengelompokkan informasi yang relevan dengan cara yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penggunanya. Dalam prakteknya, para ahli dalam bidang tertentu bekerja di situs ini, dalam hal ini para ahli tersebut dapat mengelompokkan objek-objek tertentu sesuai dengan bidang atau kategori lokalnya. 

2. Mesin Pencari Komputer 

Kelas mesin pencari ini memiliki banyak kelebihan karena memberikan banyak informasi, walaupun terkadang ada informasi yang tidak sepenting yang kita inginkan. Mesin pencari ini menggunakan perangkat lunak laba-laba atau spider software yang menyusup ke beberapa situs web, kemudian mengumpulkan data dan mengkategorikannya dengan bantuan tangan manusia. 

3. Mesin pencari hibrid 

adalah kombinasi tangan manusia dan komputer yang memberikan hasil pencarian yang relatif akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai evaluator dalam proses pengumpulan database website. Bahkan menurut saya jenis ini paling mudah dibuat karena bisa dibentuk sesuai keinginan kita. 

4. Meta Crawler/Metasearch 

adalah broker mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya mengirimkan permintaan pencarian ke mesin pencari yang berbeda dan menampilkan hasilnya satu per satu di tingkat browser untuk menampilkan banyak hasil dari beberapa mesin pencari yang ada. 

Kolaborasi 

Alat komunikasi dan kolaborasi termasuk alat komunikasi lama seperti email, konferensi video, faks dan pesan instan, serta media baru seperti blog, podcast, RSS, wiki, VoIP, konferensi web, dan torrent (untuk berbagi file , sangat besar). 

Pengambilan keputusan kelompok. Kelompok kerja melibatkan proses yang bisa sangat kompleks tergantung pada tugas, faktor manusia, dan pengambilan keputusan. Beberapa ciri kerjasama tim adalah: 

1. Anggota tim dapat berada di tempat yang berbeda atau bekerja pada waktu yang berbeda. 

2. Anggota kelompok dapat bekerja dalam organisasi yang sama atau dalam organisasi yang berbeda. 

3. Grup dapat ada di satu tingkat manajemen atau di beberapa tingkat yang berbeda. 

4. Beberapa memerlukan data, informasi, atau pengetahuan yang mungkin berada di berbagai sumber, beberapa di antaranya berada di luar organisasi. 

5. Keahlian dapat diminta dari anggota tim eksternal. 

6. Tim melakukan banyak tugas, tetapi pemimpin tim dan analis fokus pada pengambilan keputusan.

Masalah hukum dan etika 

Manajemen harus mempertimbangkan masalah etika dan sosial seperti kualitas kehidupan kerja. Pekerja  mengalami efek positif dan negatif yang terkait dengan lingkungan kerja 24/7 bekerja dengan komputer yang membentuk tim virtual, dan berinteraksi dengan PDA yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Perhatikan perkembangan dan implikasinya: 

1. Debat DWY (Driving While Yakking). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ponsel adalah penyebab paling umum dari kecelakaan mobil. Tetapi berbicara tentang mengemudi  atau DWY tidaklah ilegal. Diperkirakan ponsel  empat kali lebih mungkin terputus dalam kecelakaan mobil. Undang-undang telah disahkan untuk mencegah pengemudi menggunakan ponsel jika mereka memiliki masalah keamanan. 

2. Risiko kesehatan. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA)  merekomendasikan untuk meminimalkan potensi risiko dengan menggunakan perangkat bebas genggam dan meminimalkan percakapan telepon seluler. 

3. Radiasi RF  dan SAR. Menurut Asosiasi Industri Telekomunikasi Seluler, tingkat penyerapan diferensial, atau SAR, adalah cara untuk mengukur jumlah energi frekuensi radio (RF)  yang diserap oleh tubuh. 


DAFTAR ISI

NETWORK MARKETING

  1. Mencari Sumber Income Tambahan Diluar Gaji Kantor
  2. Psikologi Penjualan Produk Asuransi
  3. Prinsip Penting Dalam Penjualan (Marketing)
  4. Skenario Penjualan Salesman
  5. Mengapa dengan Keakraban dalam Penjualan
  6. Investasi Yang Dibutuhkan Setiap Keluarga
  7. Network Marketing Adalah Bisnis yang Mulia
  8. Apakah Anda Menderita Penyakit Korban Krismon???
  9. Residual Income : Bagaimana Cara Memperolehnya???
  10. Sejarah Singkat Proses Distribusi
  11. 6 Mitos Tentang Network Marketing
  12. Network Marketing Sulit Dijalankan. Benarkah???
  13. Pemain Baru di Bisnis Network Marketing
  14. Network Marketer dan Konglomerat Properti : Sebuah Analogi
  15. Mengapa Sikap Prospek Yang Positif Berubah Menjadi Negatif Keesokan Hari?
  16. Tips Untuk Mensponsori Super Leader Dalam Bisnis Network Marketing Anda
  17. Membangun Bisnis Melalui Reputasi
  18. Dua Kunci Sukses Bisnis Network-Marketing
  19. Network-Marketing Bukanlah Pertunjukan Sulap
  20. Networker adalah Pemain Sulap
  21. Membangun Organisasi Network-Marketing Dengan Teknik ABC
  22. Kegagalan di Network-Marketing : Salah Siapa???
  23. Mau Sukses di Network-Marketing? Jangan Nafsu Besar, Usaha Kurang!!
  24. Mau Sukses di Network-Marketing?
  25. Mau Sukses di Network-Marketing? Don’t Say Good Bye!!
  26. Kegalan dan Keberhasilan di Multi Level Marketing
  27. Apakah Anda Realistis di Network-Marketing??
  28. Keyakinan Yang Membawa Hasil
  29. Apakah Anda Cukup Ngotot di Network-Marketing?
  30. Harga Naik? Siapa Takut?
  31. Tiram Yang Berisi
  32. Ketenangan Yang Membawa Hasil
  33. Pelaku Network Marketing | Sukses di Network Marketing
  34. Help Other People (Membantu Orang Lain)
  35. Rahasia Sukses di Network-Marketing
  36. High Tech? Atau Bu Tech?
  37. Ilmu Statistik dan Network Marketing
  38. Pengetahuan Tanpa Pelaksanaan = Omong Kosong
  39. Network Marketing = Konialisasi
  40. Network-Marketing : Hobby atau Bisnis?
  41. Multi Level Marketing Sebagai Personal Franchise
  42. Berselisih Dengan Upline (Bukan Dengan Downline)
  43. Apa kiat sukses untuk menjalankan beberapa MLM sekaligus??
  44. Berpindah MLM, Apakah Salah?
  45. Siklus di Bisnis MLM
  46. Cerita Anak Sekolah, Karyawan dan Pengusaha
  47. System for Succes

MOTIVASI


  1. Badai Pasti Akan Berlalu
  2. Tips Menghadapi Krisis
  3. Kekuatan Mencoba
  4. Tetapkan Sasaran Yang Jelas
  5. Mentargetkan Impian Hidup Masa Depan
  6. Tantangan Harus Dihadapi bukan untuk ditakuti
  7. Sukses Adalah Impian Setiap Orang Normal
  8. Motivasi Menabung Seribu Seribu Lama Lama Jadi Ratusan Ribu
  9. Motivasi Hidup Bersyukur dengan Apa yang diterima
  10. Pahitnya Kehidupan Ibaratkan Garam dan Telaga
  11. Mengatasi Berbagai Hambatan
  12. Kenali Sumber Konflik
  13. Berfikir Positif untuk Membangun Kepercayaan Diri
  14. Misi Hidup Dalam Sebuah Kerja
  15. Kisah Inspirasi Mawar Untuk Ibu
  16. Langkah-langkah Menjadi Penjual Yang Sukses
  17. Mengobati Hati Yang Lagi Sedih
  18. Setelah Retaknya Perkawinan Disambung Lagi
  19. Rela Berkorban Demi Sesuatu Yang Dicintai
  20. Berhadapan Dengan Orang Yang Salah
  21. Saya Takut Disakiti Lagi
  22. Semangat Yang Menggelora Dengan Adanya Motivasi
  23. Tiga Pedoman Untuk Mendapatkan dan Mengokohkan Kekuatan Kepercayaan
  24. Mengawali Hari Dengan Niat Berbagi Kepada Sesama
  25. Motivasi dalam Membangun Kepercayaan Diri, Mengubah tidak bisa menjadi Bisa
  26. Gunung Yang Tinggi Jadi Landai, Lurah Yang Dalam Jadi Datar Berkat Ketekunan
  27. Peluang Investasi Property di Surabaya

SENI MOTIVASI

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jaringan Organisasi Bisnis, Supplier, Competitor, Partner, Kelompok-kelompok kepentingan atau ormas, Serikat Pekerja, Pelanggan

Pengertian dan Fungsi Seleksi Pegawai atau Karyawan

Psikologi Penjualan Produk Asuransi