Pengaruh Visi dan Misi Leader baik, Inspirasi Kemitraan

Pengaruh Visi  dan Misi Leader baik, Inspirasi Kemitraan

1. Apakah Visi itu?


Visi adalah skenario ideal masa depan  organisasi, yang mendorong karyawan mau bekerja keras demi masa depan yang cerah.

2. Bagaimana bila seseorang sebagai Leader baik, tetapi sebagai manajer jelek? Sudah pasti dia akan gagal.


3. Kemitraan Seorang leader menganggap bawahan  sebagai mitra kerja / partner.


Bagaimana supaya kemitraan berjalan baik?
Sosialisasi visi setelah menerima input dari karyawan
Anggota Tim berhak tidak sependapat dengan leader dan peran yang bersangkutan dalam Tim harus bisa dihargai.
Leader dan anggota Tim semuanya bertanggung jawab penuh atas hasil uang dicapai begitu juga atas kegagalan.
Leader dan anggota Tim harus saling jujur.
Berbohong merupakan pelanggaran kesepakatan yang bisa berakibat kegagalan Tim.
Perbedaan pendapat / konflik dalam Tim adalah hal yang biasa.

4.  Inspirasi


Unsur tertinggi untuk keberhasilan leader melalui inspirasi.

Contoh:

Si A yang tadinya kerjanya biasa-biasa saja, sesudah di bawah leader yang baru, berubah total, menjadi pekerja yang tangguh dengan ide - ide cemerlang.


5. Persuasi


Persuasi atau bujukan termasuk aspek  penting dalam leadership. Leader harus bisa mengubah cara berpikir bawahannya, tetapi bila terpaksa, harus bisa bertindak tegas.

Hati-hati!!! Leader yang terlalu sibuk dengan rutinitas (tugas manajerial sehari-hari) cenderung secara tidak sadar melupakan fungsinya sebagai leader. 

6. Pengaruh (Influence)


Pengaruh hampir sama dengan leadership, sebab sama-sama sebagai proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai  tujuan tertentu.

Leader ikut terlibat dalam : 
Merekrut karyawan yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan.
Meningkatkan standart mutu pekerjaan, bila ada produk atau jasa yang dihasilkan terlalu rendah mutunya.
Meningkatkan etika perusahaan dalam berhadapan dengan stakeholders

7. Penting diingat!!!


Dalam kenyataan di lapangan ada leader bukannya mempengaruhi karyawan untuk berbuat positif untuk kemajuan perusahaan,  tetapi sebaliknya mempengaruhi karyawan bertindak negatif dan tidak etis, yang dalam jangka panjang bisa membangkrutkan perusahaan.

8. Motivasi


Motivasi bagian yang tidak terpisahkan dari leadership. Leader berhasil memotivasi bawahannya, bila mereka mau bekerja keras dibanding sebelumnya

9. Leader VS Manger


Contoh :

Adakah kerusakan yang perlu diperbaiki?
Adakah yang bisa ditingkatkan?
Apakah sudah sempurna dalam menangani persoalan ini? 
Apakah yang perlu dirubah, supaya menang dalam persaingan?
Apakah reputasi perusahan tidak bisa ditingkatkan lagi?
Perubahan-perubahan apa yang harus dilakukan, agar status perusahaan kita istimewa (Status PT. Pamapersada Nusantara dari world class menjadi world leader).

10. Membangun rasa percaya diri & kecerdasan emosional (untuk self efficiency/mandiri)


Rasa percaya diri adalah unsur penting untuk leadership (seorang leader kelihatan pada saat mengatasi situasi krisis).
Jangan: over confidence.
Berfikir positif.
Manfaatkan potensi anda (anda supaya menekankan aspek karakter/perilaku, bukan harta benda/investasi).
Bangkitkan kekuatan anda :
Tegas dan tangkas dalam bertindak.
Yakin bisa merubah perilaku dan pemikiran orang lain.
Kekuasaan dimanfaatkan sebagai komoditas berharga
Ingin terkenal, berkuasa, dll
Menggapai kemenangan pertama (mulai dengan kemenangan gampang/kecil, meningkat ke yang berat).
Bangkit dari keterpurukan (setiap orang sukses pernah terpuruk/gagal/dipermalukan).
Kembangkan kecerdasan emosional untuk lebih rasa percaya diri (mengatasi emosi sendiri dan emosi orang lain secara efektif) 

11. Over confidence (terlalu percaya diri):


Tak mau mengakui kesalahan.
Tak mau mendengar kritikan.
Tidak mau minta masukan/ nasihat.

12. Bagaimana mengatasi gejolak emosional karena terpuruk?


Terimalah kenyataan (tak perlu cari kambing hitam).
Jangan dimasukan dalam hati (keterpurukan pasti pernah terjadi).
Jangan panik (tetap tenang, seberat apapun persoalan yang dihadapi).
Minta bantuan emosional dari orang-orang terpercaya (keluarga, teman dekat, dll). 

13. Solusi kreatif mengatasi persoalan / keterpurukan


Diagnosa dan klarifikasi problemnya.
Cari alternatif kreatif, apa ada pilihan lain?
Buat keputusan
Susun rencana kerja dan terapkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan agar keluar dari keterpurukan.
Evaluasi hasilnya. Bila tidak berhasil, cari alternatif baru. Setelah anda berhasil mengatasi persoalan berat, rasa percaya diri anda semakin tinggi.

14. Hasil riset Daniel Goleman:


Semua leader yang sukses, selalu dengan EQ yang tinggi (meskipun IQ dan keahlian teknis penting)
DAFTAR ISI

NETWORK MARKETING

  1. Mencari Sumber Income Tambahan Diluar Gaji Kantor
  2. Psikologi Penjualan Produk Asuransi
  3. Prinsip Penting Dalam Penjualan (Marketing)
  4. Skenario Penjualan Salesman
  5. Mengapa dengan Keakraban dalam Penjualan
  6. Investasi Yang Dibutuhkan Setiap Keluarga
  7. Network Marketing Adalah Bisnis yang Mulia
  8. Apakah Anda Menderita Penyakit Korban Krismon???
  9. Residual Income : Bagaimana Cara Memperolehnya???
  10. Sejarah Singkat Proses Distribusi
  11. 6 Mitos Tentang Network Marketing
  12. Network Marketing Sulit Dijalankan. Benarkah???
  13. Pemain Baru di Bisnis Network Marketing
  14. Network Marketer dan Konglomerat Properti : Sebuah Analogi
  15. Mengapa Sikap Prospek Yang Positif Berubah Menjadi Negatif Keesokan Hari?
  16. Tips Untuk Mensponsori Super Leader Dalam Bisnis Network Marketing Anda
  17. Membangun Bisnis Melalui Reputasi
  18. Dua Kunci Sukses Bisnis Network-Marketing
  19. Network-Marketing Bukanlah Pertunjukan Sulap
  20. Networker adalah Pemain Sulap
  21. Membangun Organisasi Network-Marketing Dengan Teknik ABC
  22. Kegagalan di Network-Marketing : Salah Siapa???
  23. Mau Sukses di Network-Marketing? Jangan Nafsu Besar, Usaha Kurang!!
  24. Mau Sukses di Network-Marketing?
  25. Mau Sukses di Network-Marketing? Don’t Say Good Bye!!
  26. Kegalan dan Keberhasilan di Multi Level Marketing
  27. Apakah Anda Realistis di Network-Marketing??
  28. Keyakinan Yang Membawa Hasil
  29. Apakah Anda Cukup Ngotot di Network-Marketing?
  30. Harga Naik? Siapa Takut?
  31. Tiram Yang Berisi
  32. Ketenangan Yang Membawa Hasil
  33. Pelaku Network Marketing | Sukses di Network Marketing
  34. Help Other People (Membantu Orang Lain)
  35. Rahasia Sukses di Network-Marketing
  36. High Tech? Atau Bu Tech?
  37. Ilmu Statistik dan Network Marketing
  38. Pengetahuan Tanpa Pelaksanaan = Omong Kosong
  39. Network Marketing = Konialisasi
  40. Network-Marketing : Hobby atau Bisnis?
  41. Multi Level Marketing Sebagai Personal Franchise
  42. Berselisih Dengan Upline (Bukan Dengan Downline)
  43. Apa kiat sukses untuk menjalankan beberapa MLM sekaligus??
  44. Berpindah MLM, Apakah Salah?
  45. Siklus di Bisnis MLM
  46. Cerita Anak Sekolah, Karyawan dan Pengusaha
  47. System for Succes

MOTIVASI


  1. Badai Pasti Akan Berlalu
  2. Tips Menghadapi Krisis
  3. Kekuatan Mencoba
  4. Tetapkan Sasaran Yang Jelas
  5. Mentargetkan Impian Hidup Masa Depan
  6. Tantangan Harus Dihadapi bukan untuk ditakuti
  7. Sukses Adalah Impian Setiap Orang Normal
  8. Motivasi Menabung Seribu Seribu Lama Lama Jadi Ratusan Ribu
  9. Motivasi Hidup Bersyukur dengan Apa yang diterima
  10. Pahitnya Kehidupan Ibaratkan Garam dan Telaga
  11. Mengatasi Berbagai Hambatan
  12. Kenali Sumber Konflik
  13. Berfikir Positif untuk Membangun Kepercayaan Diri
  14. Misi Hidup Dalam Sebuah Kerja
  15. Kisah Inspirasi Mawar Untuk Ibu
  16. Langkah-langkah Menjadi Penjual Yang Sukses
  17. Mengobati Hati Yang Lagi Sedih
  18. Setelah Retaknya Perkawinan Disambung Lagi
  19. Rela Berkorban Demi Sesuatu Yang Dicintai
  20. Berhadapan Dengan Orang Yang Salah
  21. Saya Takut Disakiti Lagi
  22. Semangat Yang Menggelora Dengan Adanya Motivasi
  23. Tiga Pedoman Untuk Mendapatkan dan Mengokohkan Kekuatan Kepercayaan
  24. Mengawali Hari Dengan Niat Berbagi Kepada Sesama
  25. Motivasi dalam Membangun Kepercayaan Diri, Mengubah tidak bisa menjadi Bisa
  26. Gunung Yang Tinggi Jadi Landai, Lurah Yang Dalam Jadi Datar Berkat Ketekunan
  27. Peluang Investasi Property di Surabaya

SENI MOTIVASI

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jaringan Organisasi Bisnis, Supplier, Competitor, Partner, Kelompok-kelompok kepentingan atau ormas, Serikat Pekerja, Pelanggan

Pengertian dan Fungsi Seleksi Pegawai atau Karyawan

Psikologi Penjualan Produk Asuransi