Bagaimana Gaya Bahasa Seorang Leader berkomunikasi?
Menggunakan gaya bahasa yang bagus dan berdampak kuat (tetapi jangan berlebihan dan berulang-ulang).
Gunakan Analogi dan Metafora agar memukau.
Analogi : Perusahaan kita ini pada masa awalnya sama dengan perusahaan raksasa x.
Metafora : perusahaan kita masih muda dan kecil,tetapi harus bersaing dengan perusahaan raksasa yang sangat mapan.
Memberi inspirasi dengan cerita (anekdot / kisah yang mudah diingat, tetapi ada pesannya).
Apakah bahasa non verbal anda mencerminkan kepemimpinan? (penyampaian pesan tanpa menggunakan kata-kata, misalnya : bahasa tubuh,nada suara, penampilan, dan lain-lain).
Selaraskan gaya non verbal dengan verbal anda.(saya turut bersedih atas meninggalnya orang tua anda…, dengan ekspresi wajah sedih, sambil mendengarkan cerita orang yang bersangkutan sampai selesai).
Tatapan mata, berdiri tegak, jaga jarak (berapa cm), dari pandangan perhatian tangan, pergantian suara (nada yang kuat dan konsisten).
Menghargai waktu.
Gaya bahasa yang tepat (yang memberi kekuatan dan otoritas kepada Leader).
Jaga kredibilitas (Leader yang suka berbohong, sukar meyakinkan/dipercaya bawahan; meskipun kecerdasan dan pengetahuan yang luas juga sangat memperkuat kredibilitas).
Harus bertindak kredible di dunia yang penuh dengan ketidakpastian (integritas anda meyakinkan dan dapat dipercaya).
- Sebagai Leader harus bertindak etis.
- Patuh kepada K3LH.
- Ramah, rasa hormat, jujur dan adil.
- Selalu tepat waktu dan tidak terlambat datang ketempat kerja.
- Tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung perasaan.
- Patang menyuap dan disuap
- Menjaga rahasia perusahaan
- Patuh pada aturan dan kontrol akunting
- Tidak menggunakan property perusahaan untuk kepentingan pribadi
- Tidak memberikan informasi yang keliru dan menyesatkan
- Tidak melakukan pelecehan seksual kepada bawahan, atasan, rekan sekerja, supplier atau konsumen
- Pengambilan keputusan untuk kepentingan pribadi
- Memberikan jasa / produk yang lebih tinggi dari kewajaran
- Mengambil keputusan di Grey Area. Misalnya : untuk menghemat biaya, semua karyawan yang bekerja di site Freeport yang sangat dingin cukup dengan memakai seragam standard PAMA. Bagaimana dilihat dari intiusi dan akal sehat?
Bagaimana pandangan masyarakat dengan PAMA, bila ini disebarkan di media masa?
Melaksanakan kata-kata (konsisten antara kata dan perbuatan)
Misalnya : Jangan takut, merger ini tidak mengakibatkan PHK – ternyata terjadi PHK Dalam jangka panjang, TK yang mempercayai leader, akan lebih puas bekerja dan dengan kinerja yang lebih baik.
Tindakan lahir dan batin yang membuat orang percaya.
- Indikator perilaku yang muncul dari gen, sangat sulit diatasi / dimodifikasi !!!
- Sering tersenyum (tulus) >< terus menerus tersenyum (ada apa???)
- Tersenyum simpul atau cemberut >< exspresi wajah yang berlebihan
- Ada kontak mata tanpa melotot
- Berpakaian / bercukur rapi
- Rileks dan tenang di depan orang lain
- Tatapan bersahabat
- Kedipan mata secara wajar >< kedipan waria
- Selalu mengusap hidung, seolah-olah gelisah/ada ketidak-jujuran
- Berkaca mata hitam dalam ruangan