Jadilah Pendengar dan Pembicara Yang Baik
Jadilah Pendengar dan Pembicara Yang Baik
Setelah mengidentifikasi bahwa perilaku seseorang dapat menimbulkan masalah, hal utama yang harus Anda lakukan adalah membantu mengatasi orang itu, misalnya dengan mengajaknya berbicara atau yang lebih penting lagi ia bersedia mendengarkan nasihat Anda. Ketika melakukan hal ini Anda perlu menandai perubahan-perubahan perilaku secara pasti yang telah Anda analisis dan bukan merupakan kesimpulan Anda. Lalu meminta penjelasan, sesuatu yang bukan merupakan tuduhan, “Apakah ada alasan mengapa Anda tampaknya tidak dapat melakukan pekeijaan tepat waktu?” dibanding “Mengapa Anda tidak dapat melakukan pekerjaan tepat waktu?”. Dengarlah jawabannya dan reflesikan kembali apa yang dikatakan sehingga apakah alasan yang telah mereka berikan memang nyata.
Tips :
Agar Anda dapat memahami dengan baik tentang penyebab mereka menderita, jadilah pendengar dan pembicara. Berilah saran bagaimana tindakannya agar dapat pemulihan dan ketentraman hati dan mendapatkan kepercayaan diri dan memiliki rasa dihargai.
Anda juga harus mencari orang yang bisa menggerakkan berbagai pilihan tindakan guna memperbaiki/mengatasi kesulitan-kesulitan mereka. Misalnya dengan menanyakan apa yang Anda pikirkan tentang permintaan pelatihan mesin baru atau apa yang mungkin Anda lakukan untuk menghindari rasa sepi Anda.
Jika Anda memperhatikan bahwa hal tersebut tidak benar maka orang barangkali akan lebih tertarik untuk membahas perilaku mereka. Sebelum Anda bertanya dan menjawab pertanyaan tersebut, Anda tidak dapat mendekati akar permasalahan itu. Anda mungkin juga belum menunjukkan keseriusan mengatasi masalah ini atau kurang begitu memperhatikan bahwa orang itu tidak mampu mengatasi masalahnya sendiri. Misalnya, hal ini mungkin timbul, contohnya karena orang telah kehilangan pekeijaan yang diakibatkan tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.
Dengan berbicara dan mendengar, Anda dapat membantu orang untuk mencapai pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan mereka menderita. Anda juga dapat memutuskan apakah seseorang memerlukan nasihat, saran yang berguna tentang tindakan praktis yang dapat membantu mereka melihat jalan menuju pemulihan. Juga diperlukan penentraman hati kembali dengan mengingatkan seseorang tentang bakat dan kemampuannya yang akan meningkatkan rasa percaya diri dan membantu orang tersebut memiliki rasa dihargai.
Selain itu harus ada juga rasa simpati dengan cara memberi bantuan secara simpati dan meyakinkan untuk berani berbicara sehingga dapat membantu orang berani menghadapi sesuatu yang biasanya mereka hindari. Barangkali dalam situasi seperti ini hanya sedikit yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka secara praktis.
Namun salah satu yang paling membantu adalah selalu memperhatikan, mengakui dan menghargai apapun yang mempengaruhi orang lain. Sehingga perilaku mereka lambat laun akan berubah menjadi lebih baik. Ketika perilaku dapat dihubungkan dengan kebutuhan-kebutuhan yang mendalam, Anda akan merasa kesulitan jika mencoba membuat seseorang menyadari hal itu. Ini penting untuk diketahui bahwa orang yang menginginkan penegakan kembali secara konstan masuk dalam pola perilaku, bahwa dari waktu ke waktu mereka tampaknya keluar dari jalur itu.
Dalam kondisi demikian, kehidupan sehari-hari mereka tidak berjalan semestinya. Berbagi saran bahwa perilaku mereka tidak sesuai biasanya akan memenuhi resistensi yang sulit. Tidak seperti meniru perilaku yang resah, keinginan untuk membantu barangkali bisa menjadi sikap yang tidak produktif.