Analisis Jaringan Organisasi Bisnis, Supplier, Competitor, Partner, Kelompok-kelompok kepentingan atau ormas, Serikat Pekerja, Pelanggan
ANALISIS JARINGAN ORGANISASI BISNIS Definisi dari analisis jaringan bersifat fungsional, artinya digunakan oleh para manajer / administrator untuk menetapkan hubungan antara organisasi dengan aktor-aktor lain dalam lingkungan. Biasanya, aktor-aktor tersebut didefinisikan dalam bentuk organisasi juga, sehingga analisis ini disebut analisis jaringan antar organisasi. Berikut ini adalah penjelasan dari gambar diatas adalah; Analisis jaringan organisasi Supplier Hubungan antara supplier dan organisasi(bisnis) yaitu memberikan bahan mentah maupun jasa kepada sebuah organisasi bisnis dengan tujuan untuk memenuhi proses produksi yang dikerjakan organisasi tersebut timbal balik yang di dapat supplier yaitu pembayaran sesuai harga dan tepat waktu. Contoh kasus : sebuah perusahaan karet mengirimkan bahan baku sol sepatu pada tanggal 1 April untuk perusahaan sepatu Y, selanjutnya pada tanggal 1 mei perusahaan sepatu Y membayar bahan baku sepatu sesuai dengan perjanjian