Berfikir Positif untuk Membangun Kepercayaan Diri


Motivasi Pengembangan Diri untuk membangun Kepercayaan. Segala Produk pikiran akan mempengaruhi akan tindakan. Dalam otak manusia terdapat dua yang berlawanan ada pikiran positif ada pikiran yang negatif, tergantung pada lingkungan mana manusia itu berada, akan mempengaruhi cara dan pola berfikirnya. Orang yang selalu berfikiran Positif, apapun yang terjadi baik dalam dirinya, keluarganya, lingkungannya akan dijadikan disikapi dengan positif, segala hal burukpun yang terjadi dijadikan sebagai bahan koreksi dan analisa atas kesalahan yang dilakukannya, serta berusaha untuk memperbaiki dan menebus kesalahannya itu. Kalau sesuatu baik Dia akan bersyukur, segala sesuatu itu tidak ada yang buruk semuanya baik baginya itulah salah satu ciri orang yang berfikiran positif. Kalau orang yang cenderung berpikiran negatif tidak ada yang baik baginya. Belum berangkat udah nyampai duluan, tapi kalau ditanya tak tahu jalannya.
Motivasi Pengembangan Diri. Coba Anda merenung sejenak, jika Anda berfikir Anda akan bekerja hari ini, tentu Anda akan bangun pagi, dan bersiap-siap untuk berangkat, naik kendaraan atau jalan kaki tentu Anda akan sampai ditempat kerjaan Anda. dan Jika anda berfikiran tidak akan bekerja walaupun Anda dijemput tentu Anda tidak akan bekerja. Itulah salah satu yang menunjukan kekuatan fikiran.

Tiga pedoman untuk mendapatkan dan mengokohkan kekuatan kepercayaan.

  1. Berfikir Sukses, jangan berfikir gagal. Di tempat kerja, dan dirumah, gantilah berfikir gagal dengan berfikir sukses. Sewaktu menghadapi situasi yang sulit, berfikirlah, "Saya akan menang," bukan "Saya akan kalah." Ketika Anda bersaing  dengan orang lain, berfikirlah, "Saya sama dengan yang terbaik," bukan "Saya tidak masuk hitungan." Jika peluang muncul, berfikirlah " Saya dapat melakukannya," jangan pernah berfikir "Saya tidak dapat." Biarkan pikiran utama "Saya akan-berhasil" mendominasi proses berfikir Anda. Berfikir sukses mengkondisikan pikiran Anda untuk rencana yang menghasilkan keberhasilan. Berfikir gagal mengerjakan persis berlawanan. Berfikir gagal mengkondisikan pikiran memikirkan pikiran-pikiran lain yang menghasilkan kegagalan.
  2. Ingatlkan diri Anda secara teratur bahwa Anda lebih baik daripada yang Anda kira. Orang yang sukses bukanlah orang yang super. Sukses tidak mensyaratkan super-intelek. Juga tidak ada yang mistis mengenai sukses. Sukses tidak didasarkan pada nasib. Orang yang sukses hanyalah orang biasa yang telah mengembangkan kepercayaan kepada diri sendiri dan apa yang mereka kerjakan. Jangan pernah mengakui keraguan Anda atau mengesankan kepada orang lain bahwa Anda atau mengesankan kepada orang lain bahwa Anda bukan orang kelas satu.
  3. Percaya Besar. Besar kecilnya keberhasilan Anda ditentukan oleh besar-kecilnya kepercayaan Anda. Pikirkanlah tujuan-tujuan yang kecil, maka harapkanlah hasil-hasil yang kecil pula. Pikirkanlah tujuan-tujuan yang besar dan dapatkan keberhasilan besar. Ingat ini pula. Gagasan besar dan rencana besar acapkali lebih mudah yang pasti tidak lebih sulit di bandingkan gagasan kecil dan rencana kecil.
Dikutip dari Buku Berfikir Positif Karangan David J. Schwartz. Ikuti Motivasi Pengembangan Diri selanjutnya.
Pahitnya Kehidupan Ibaratkan Garam dan Telaga
Kunci Sukses
Misi Hidup Dalam Sebuah Kerja.
Post a Comment