Menjadi Seorang Leader Yang Berhasil

Desain Grafis dan Percetakan

BAGAIMANA SEORANG LEADER BISA BERHASIL


Pendahuluan
Dasar utama Leadership: Kredibilitas. (Dasar utama untuk memepengaruhi orang). Pemimpin : Ingin dipercaya oleh Tim. Yang dipimpin : ingin dipercaya oleh Leader. Aktivitas Dasar Leader : Memberi inspirasi, membujuk, mempengaruhi dan memotivasi anggota Tim. 

Berpikir sebagai Leader 
  • Apa arti dari Leadership?
  • Membangun rasa percaya diri dan kecerdasan emosional
  • Berpikir dengan pola seorang Leader
  • Belajar mendapatkan karisma
  • Berkomunikasi bagaimana “layaknya” seorang Leader
  • Cara meningkatkan kredibilitas
BERPIKIR SEBAGAI LEADER

Apa arti dari Leadership?
  • Dengan komunikasi yang baik, berhasil mempengaruhi banyak orang untuk mencapai tujuan (komunikasi = mengirim dan menerima pesan).
  • Mempengaruhi  orang dengan petunjuk /perintah. (Yang bersangkutan dengan sukarela menuruti petunjuk / perintah karena “merasa” mereka dibutuhkan/ dihargai).
  • Tindakan yang menyebabkan orang lain bertindak atau merespon dan menimbulkan perubahan positif.
  • Kekuatan dinamis penting yang memotivasi dan mengkoordinasikan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. “Inspirasi pemimpin” : Supaya organisasi atau departemen, “fokus” pada tujuan tertentu.
  • Kemampuan untuk menciptakan rasa percaya diri  dan dukungan di antara bawahan agar tujuan organisasional bisa tercapai dengan lain perkataan bagaimana agar keutuhan kerja sama karyawan terjaga dengan baik.
Kesimpulan
  1. Seorang leader harus dapat memberi inspirasi, membujuk, mempengaruhi  dan memotivasi, dapat memicu perubahan yang positif.
  2. Leader yang berhasil harus bisa mengadakan perubahan-perubahan dengan tujuan perbaikan (meninggalkan status quo / comfort zone).
  3. Seorang leader menciptakan visi bagi orang lain,dan kemudian mendorong mereka untuk mencapai visi tersebut.
  4. Supaya berhasil mencapai Visi tersebut, bawahan anda harus percaya pada anda dan bersedia berkomunikasi dan mendukung anda dalam mencapai tujuan.
Mengapa orang rebut-rebutan menjadi Leader?
  1. Selain mendapat income yang lebih besar, juga mendapat kekuasaan dan prestise.
  2. Leader yang berhasil dikagumi orang.
  3. Leader punya kekuasaan untuk membantu orang lain, ini suatu kenikmatan tersendiri bagi yang bersangkutan.
  4. Leader yang berhasil punya kebanggaan, bahwa dirinya sangat dibutuhkan perusahaan 
Apa beda Leader dengan Manajer?

Manajer :Planning, Organizing, Directing, and Control. Waktunya lebih banyak untuk tugas-tugas Planning, organizing dan Control, jadi lebih dititik beratkan pada kestabilan (pemeliharaan keseimbangan). 
  • Memastikan orang-orang dibayar sesui dengan kontribusinya.
  • Bergaya lebih formal dan ilmiah (PODC dan IT).
  • Semuanya harus dengan perangkat alat dan teknik yang jelas.
  • Menghindari hubungan emosional yang dekat, lebih mengurangi tindakan konservatif untuk mencapai tujuan (hubungan emosional dapat basa-basi).
  • Bila ada masalah, selalu berpedoman pada SOP atau cara-cara yang sudah mapan.
  • Menggunakan seperangkat keahlian untuk mencapai visi yang ada.
Leader :  
  • Untuk mencapai Visi yang ada, terus-menerus menciptakan perubahan, memberi inspirasi pada orang lain untuk bekerja keras dan meningkatkan laba perusahaan.
  • Mencapai tujuan dengan mengandalkan team work / jaringan banyak orang.
  • Memotivasi orang-orang dalam Tim.
  • Leader juga seorang manusia yang baik.
  • Sebagai panutan dalam semangat, hasrat dan sumber inspirasi bagi orang lain untuk kinerja yang lebih baik. Bila ada masalah, cenderung menggunakan imajinasi dan kreativitas sekalian membuat perubahan.
  • Sangat menonjolkan dalam membuat Visi untuk perusahaan dan menyusun strategi untuk mencapai Visi tersebut. Bisa menspesifikasikan tujuan yang luas dan menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Berhubungan / berinteraksi langsung dengan konsumen (dan minta masukan dari mereka).
Tugas dan Tanggung Jawab Leader
Leadership Visi dan Misi Leader Yang Baik
Post a Comment