Kisah Sukses Tanda Tangan Kontrak Order Sebelum Presentasi

Kisah sukses penjualan sebelum presentasi dilakukan.

PENJUALAN BERHASIL DITUTUP BAHKAN SEBELUM ANDA MELAKUKAN PRESENTASI


Zig menceritakan kisah nyata tentang keberhasilan seorang salesman junior yang masih muda (Charlie) mendapatkan penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan secara tidak sengaja!

Charlie baru saja menyelesaikan pelatihan penjualan di perusahaan tempatnya bekerja. Untuk memastikan bahwa Chariie sudah siap untuk memulai pekerjaannya, sang CEO memutuskan untuk mempersiapkan dia secara mental. Chariie lalu diminta datang ke kantor CEO. Sang bos berkata, 'Saya punya tantangan untuk kamu. Saya ingin kamu pergi ke kantor yang terletak di seberang kantor kita, temui pimpinan di sana, dan coba tawarkan produk kita.* (Tentu saja pimpinan di kantor seberang adalah teman dari CEO tadi dan sudah di briefing agar menyulitkan Charlie dengan berbagai keberatan).

Bos Charlie mengatakan padanya, "Pimpinan di kantor seberang adalah orang yang paling besar mulut di wilayah ini. Dia akan menolakmu dengan kata-kata kasar. Tetapi, sebenarnya ia berhati lembut. Jadi, kamu hanya perlu mendengarkan mulut besarnya.* Dan apa pun yang dikatakannya, Charlie harus menjawab, 'Ya Pak, saya mengerti. Ini adalah penawaran kami yang terbaik, dan kami belum pernah memberikan penawaran seperti ini kepada klien yang lain sebelumnya. Ini adalah penawaran istimewa dan saya menyarankan Bapak untuk menikmati keuntungan yang kami tawarkan dengan melakukan order pada hari ini."

Charlie diingatkan untuk tetap bersikap positif dan sabar menerima kata-kata kasar yang dilontarkan serta tetap menjawab, "Ya Pak, saya mengerti..." Sang bos menjamin Charlie bakal mendapatkan order darinya jika bisa bertahan cukup lama dan tetap sabar serta menjawab "Ya Pak, saya mengerti..."(Sudah tentu sang bos yakin akan hal ini karena ia sudah mengatur skenarionya dengan pimpinan di kantor seberang yang sebenarnya adalah temannya sendiri!).

Tapi Charlie tidak tahu sama sekali tentang rencana rahasia ini, jadi pergilah ia ke kantor seberang dengan mental yang siap menerima kata-kata makian dan segudang alasan. Walaupun sedikit cemas, Charlie memutuskan untuk tetap tenang, dan siap dengan jawaban 'Ya Pak, saya mengerti..” apa pun yang terjadi. Penjualan ini pasti akan berhasil.

Benar saja, begitu Charlie selesai memperkenalkan diri dan menceritakan maksud kedatangannya, pimpinan kantor seberang segera mengeluarkan kata-kata kasar bahwa penawaran ini omong kosong belaka dan cuma membuang-buang waktunya saja. Charlie mendengarkan secara seksama, dan pada saat dia berhenti untuk mengambil napas, Charlie dengan sabar berkata, 'Ya Pak, saya mengerti...' Setelah itu, si pimpinan tetap melanjutkan dengan semua keberatannya dan Charlie tetap menjawab, 'Ya Pak, saya mengerti...’ Percakapan bolak-balik ini berlangsung sekitar 20 menit. Charlie tetap berdiri kukuh, ia menerima semua penghinaan dan keberatan dengan, "Ya pak, saya mengerti..."

Akhirnya, setelah berlangsung selama 25 menit, pimpinan kantor tersebut menyetujui penawaran Charlie dan menandatangani order penawarannya! Charlie sangat gembira. Bangga akan dirinya sendiri, ia segera mengucapkan terima kasih dan bersalaman dengan si pimpinan. Begitu keluar dari sana, ia langsung berlari menuju kantornya. Tanpa mengetuk pintu, Charlie masuk ke ruangan bosnya dan langsung meletakkan formulir pesanan yang sudah ditandatangani di depan meja.

Charlie berkata, 'Anda benar bos! ia adalah orang yang paling bermulut besar yang pernah saya temui, ia terus-menerus melemparkan kata-kata kasar dan berbagai keberatan kepada saya. Dan persis seperti nasihat Anda, saya selalu mengatakan, Ya Pak, saya mengerti..." Charlie berkata lagi, 'Lihat bos, saya mendapatkan order! Ini adalah order penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan kita!”

Bos Charlie membaca order penjualan tersebut. Ternyata itu memang hasil penjualan yang terbesar dalam sejarah perusahaan tersebut, ia sangat terkesan, ia tidak menyangka kalau Charlie bisa mencapai hasil sebaik ini. Tapi, saat sang bos melihat nama yang tertera pada order penjualan itu, ia sangat terkejut sehingga rahangnya seolah-olah jatuh ke lantai. Charlie telah pergi ke perusahaan yang salah dan menemui orang yang salah! Orang itu bukanlah teman dari bos Charlie yang telah di-briefing sebelumnya! Ini adalah nama pimpinan dari perusahaan lain! Orang tersebut BENAR-BENAR orang yang bermulut besar, kasar, dan paling tidak disukai di kota tersebut Mereka sudah bertahun-tahun mencoba untuk menjual pada orang itu, tetapi tidak seorang salesman pun yang mampu bertahan lebih dari 5 menit di dalam kantornya, apalagi berhasil mendapatkan order darinya!

Meski demikian, Charlie yang masih muda dan baru, telah bisa bertahan selama 25 menit dan berhasil mendapatkan order penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan dari orang yang sama.

Ini adalah sebuah KISAH NYATA.

Coba Anda pikir mengapa Charlie yang masih muda, baru, dan tidak berpengalaman bisa berhasil; sementara salesman lain yang lebih kompeten, terlatih, dan berpengalaman semuanya gagal? Menurut Anda, di mana dan kapankah penjualan itu terjadi?

Anda benar! Penjualan tersebut terjadi di kantor bosnya, SEBELUM Chariie sempat melangkah menuju kantor perusahaan di seberang jalan!

Di dalam pikiran Charlie, ini adalah penjualan yang pasti akan berhasil. la hanya perlu bertahan dari semua keberatan dan penolakan, la telah membayangkan dirinya bertahan mengatasi semua keberatan dan penolakan, dan ia telah membayangkan dirinya berhasil melakukan penjualan.

Jadi, setiap kali SEBELUM Anda melangkah ke tempat prospek, apa gambaran yang ada di pikiran Anda?

Apakah Anda membayangkan bakal ditolak, tidak mampu menjawab semua keberatan dan penolakan dari prospek, merasa malu, kalah berdebat, dikalahkan dan keluar dari kantor prospek dengan tangan kosong. Atau ……….

Apakah Anda membayangkan dapat mengatasi semua keberatan dan penolakan dengan kompeten, meyakinkan, dan percaya diri? Apakah Anda berpikir bahwa prospek akan terkesan oleh keyakinan dan profesionalisme Anda, dan Anda dapat membayangkan prospek akan mengangguk-anggukkan kepalanya dan setuju untuk melakukan pembelian? Apakah Anda membayangkan tengah berjabat tangan dengan prospek dan pulang dengan membawa keberhasilan?

Apa yang dibayangkan oleh pikiran Anda, tubuh Anda akan bergerak untuk mewujudkan bayangan itu.

Ketika pikiran Anda membayangkan situasi yang negatif, seluruh tubuh, postur, tingkat energi, dan pilihan kata-kata Anda, semuanya akan menuju ke arah negatif seperti: pesimis, penuh penyesalan, tidak bertenaga, dan merasa dikalahkan.

Tapi, ketika pikiran Anda membayangkan situasi yang positif, seluruh tubuh, postur, tingkat energi, dan pilihan kata-kata Anda, semuanya akan menuju ke arah positif dan merefleksikan optimisme Anda. Energi positif ini akan mengalir dan menular ke klien atau prospek, dan akan membuatnya bereaksi secara positif pula. Inilah saatnya Anda mendapatkan order.

Saya tahu ini adalah suatu hal yang sulit dilakukan pada awalnya. Tapi, ingat, ini semua hanyalah masalah kebiasaan.

Jadi, pertama-tama, Anda harus secara sadar MELATIH dan MEMAKSA pikiran Anda untuk terus-menerus berpikir secara positif. Bayangkan penjualan yang berhasil dalam pikiran Anda. Bayangkan pelanggan sedang bersalaman dengan Anda. Bayangkan pelanggan sedang menandatangani surat penawaran Anda. Bayangkan dan bayangkan lagi.

Kebenarannya adalah seperti ini: "Bila Anda tidak MEMAKSA pikiran Anda untuk berpikir secara positif, maka pikiran Anda akan terus-menerus dipenuhi oleh hal-hal negatif dan itu akan sangat MERUSAK kepercayaan diri dan performance seorang salesman.

Jadi, ingatlah, PAKSA diri Anda dan penuhi pikiran Anda dengan pikiran-pikiran positif lagi, lagi, dan lagi, bahkan SEBELUM Anda melangkah keluar dari kantor atau rumah Anda!

Ingatlah pengalaman Charlie : Penjualan telah dilakukan dan berhasil bahkan sebelum ia melangkah ke tempat pelanggan.
DAFTAR ISI

NETWORK MARKETING

  1. Mencari Sumber Income Tambahan Diluar Gaji Kantor
  2. Psikologi Penjualan Produk Asuransi
  3. Prinsip Penting Dalam Penjualan (Marketing)
  4. Skenario Penjualan Salesman
  5. Mengapa dengan Keakraban dalam Penjualan
  6. Investasi Yang Dibutuhkan Setiap Keluarga
  7. Network Marketing Adalah Bisnis yang Mulia
  8. Apakah Anda Menderita Penyakit Korban Krismon???
  9. Residual Income : Bagaimana Cara Memperolehnya???
  10. Sejarah Singkat Proses Distribusi
  11. 6 Mitos Tentang Network Marketing
  12. Network Marketing Sulit Dijalankan. Benarkah???
  13. Pemain Baru di Bisnis Network Marketing
  14. Network Marketer dan Konglomerat Properti : Sebuah Analogi
  15. Mengapa Sikap Prospek Yang Positif Berubah Menjadi Negatif Keesokan Hari?
  16. Tips Untuk Mensponsori Super Leader Dalam Bisnis Network Marketing Anda
  17. Membangun Bisnis Melalui Reputasi
  18. Dua Kunci Sukses Bisnis Network-Marketing
  19. Network-Marketing Bukanlah Pertunjukan Sulap
  20. Networker adalah Pemain Sulap
  21. Membangun Organisasi Network-Marketing Dengan Teknik ABC
  22. Kegagalan di Network-Marketing : Salah Siapa???
  23. Mau Sukses di Network-Marketing? Jangan Nafsu Besar, Usaha Kurang!!
  24. Mau Sukses di Network-Marketing?
  25. Mau Sukses di Network-Marketing? Don’t Say Good Bye!!
  26. Kegalan dan Keberhasilan di Multi Level Marketing
  27. Apakah Anda Realistis di Network-Marketing??
  28. Keyakinan Yang Membawa Hasil
  29. Apakah Anda Cukup Ngotot di Network-Marketing?
  30. Harga Naik? Siapa Takut?
  31. Tiram Yang Berisi
  32. Ketenangan Yang Membawa Hasil
  33. Pelaku Network Marketing | Sukses di Network Marketing
  34. Help Other People (Membantu Orang Lain)
  35. Rahasia Sukses di Network-Marketing
  36. High Tech? Atau Bu Tech?
  37. Ilmu Statistik dan Network Marketing
  38. Pengetahuan Tanpa Pelaksanaan = Omong Kosong
  39. Network Marketing = Konialisasi
  40. Network-Marketing : Hobby atau Bisnis?
  41. Multi Level Marketing Sebagai Personal Franchise
  42. Berselisih Dengan Upline (Bukan Dengan Downline)
  43. Apa kiat sukses untuk menjalankan beberapa MLM sekaligus??
  44. Berpindah MLM, Apakah Salah?
  45. Siklus di Bisnis MLM
  46. Cerita Anak Sekolah, Karyawan dan Pengusaha
  47. System for Succes

MOTIVASI


  1. Badai Pasti Akan Berlalu
  2. Tips Menghadapi Krisis
  3. Kekuatan Mencoba
  4. Tetapkan Sasaran Yang Jelas
  5. Mentargetkan Impian Hidup Masa Depan
  6. Tantangan Harus Dihadapi bukan untuk ditakuti
  7. Sukses Adalah Impian Setiap Orang Normal
  8. Motivasi Menabung Seribu Seribu Lama Lama Jadi Ratusan Ribu
  9. Motivasi Hidup Bersyukur dengan Apa yang diterima
  10. Pahitnya Kehidupan Ibaratkan Garam dan Telaga
  11. Mengatasi Berbagai Hambatan
  12. Kenali Sumber Konflik
  13. Berfikir Positif untuk Membangun Kepercayaan Diri
  14. Misi Hidup Dalam Sebuah Kerja
  15. Kisah Inspirasi Mawar Untuk Ibu
  16. Langkah-langkah Menjadi Penjual Yang Sukses
  17. Mengobati Hati Yang Lagi Sedih
  18. Setelah Retaknya Perkawinan Disambung Lagi
  19. Rela Berkorban Demi Sesuatu Yang Dicintai
  20. Berhadapan Dengan Orang Yang Salah
  21. Saya Takut Disakiti Lagi
  22. Semangat Yang Menggelora Dengan Adanya Motivasi
  23. Tiga Pedoman Untuk Mendapatkan dan Mengokohkan Kekuatan Kepercayaan
  24. Mengawali Hari Dengan Niat Berbagi Kepada Sesama
  25. Motivasi dalam Membangun Kepercayaan Diri, Mengubah tidak bisa menjadi Bisa
  26. Gunung Yang Tinggi Jadi Landai, Lurah Yang Dalam Jadi Datar Berkat Ketekunan
  27. Peluang Investasi Property di Surabaya

SENI MOTIVASI

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jaringan Organisasi Bisnis, Supplier, Competitor, Partner, Kelompok-kelompok kepentingan atau ormas, Serikat Pekerja, Pelanggan

Hubungan Antara Pegawai

Hubungan Antar Tim